Tuesday, 30 October 2012

Inilah babi Klon...

Posted by Asyraf Muslim on 13:18

detail berita


Babi dengan julukan Zhu Jianqiang yang di Kloning (sumber : Google

SICHUAN - Para ilmuwan China telah mengkloning babi yang dipuji sebagai pahlawan nasional setelah bertahan selama 36 hari terkubur di bawah reruntuhan setelah gempa bumi 2008 di provinsi Sichuan.

Babi yang memiliki julukan Zhu Jianqiang yang artinya "Babi Berkemauan Keras" dilaporkan selamat di antara puing-puing pasca gempa bumi dengan keadaan sedang mengunyah arang dan minum air hujan. Saat ditemukan ukurannya sangat kurus seperti kambing.

Mulai saat itu babi menjadi simbol bagi ketahanan nasional. Ketika gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang Sichuan dan Shaanxi, lebih dari 90 ribu orang dikabarkan meninggal atau hilang.

Beijing Genomics Institute pekan lalu mengumumkan kelahiran enam ekor babi dengan DNA yang identik dengan ayah mereka yakni Zhu Jianqiang. Babi-babi tersebut dikloning di sebuah lembaga ginetik di Shenzhen, China Selatan. Demikian seperti dikutip Global Post, Selasa (20/9/2011).

Dr Du Yutao, pemimpin proyek kloning, mengatakan babi ini sangat sulit dikloning, karena sebelum gempa Zhu Jianqiang telah dikebiri. Akibat dikebiri babi ini mengalami trauma yang serius.

"Tapi babi menakjubkan ini kembali mengejutkan kami," cetus Du.

Anak-anak babi dilaporkan terlihat seperti ayah mereka yang menjadi pahlawan, dengan tanda lahir antara mata mereka dan memperlihatkan kekuatan nyata dari bayi-bayi babi tersebut.

Tapi seorang ahli biologi yang berbasis di Beijing mengatakan tidak mungkin babi memiliki gen khusus dan itu hanya seekor binatang yang digunakan layaknya selebriti untuk mempromosikan teknologi kloning.

Pada tahun 2008, Zhu Jianqiang atau babi pahlawan menduduki peringakt pertama dalam polling online '10 hewan yang pindah dari China'.

Setelah babi pahlawan menjadi terkenal, kemudian Zhu Jiangqiang dijual ke seorang kurator museum terkenal dan menjadi hewan yang penuh lemak dan pemarah.

"Saat ini Zhu Jiangqiang menjadi gemuk dan malas dari hari ke hari," kata seorang anggota staf museum.



sumber : www.okezone.com

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...